Jumat, 30 Maret 2012

Penting Berjilbab!


Assalamu’alaikum… Hai kawan… Apa kabar??

Kali ini kami dari DistriX-3 akan membahas tentang “Pentingnya Berjilbab”. Sebelum kita membahas inti dari artikel kita, apakah salah satu diantara kalian sudah tahu apa arti jilbab sebenarnya??? Dan sudahkah anda memakai Jilbab??? Pastinya banyak sekali yang sudah memakai jilbab. Apalagi sekarang ini kita bersekolah di Madrasah. Eits… tunggu dulu, apakah dengan bersekolah di Madrasah itu menjamin seseorang memakai jilbab??? Ini pertanyaannya… apakah memakai jilbab hanya untuk bersekolah saja…??? Terus bagaimana dengan wanita yang memakai jilbab namun mereka memakai pakaian ketat (terlihat seksi). Dan apakah hal itu diperbolehkan oleh agama???

Nah… kita akan menumpas semua hal yang berhubungan dengan wanita berjilbab. Penasaran??? Baca terus deh artikel kita. Dijamin nggak akan rugi loh !!! … 

Kita sebagai siswi Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo tentunya sudah biasa memakai jilbab. Bagaimana nggak terbiasa, kita kan kalau sekolah selalu memakai jilbab… hahah :D

Jilbab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003) ialah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. Menurut kami, jilbab itu sesuatu (syahrini kale…) yang dipakai wanita muslim untuk menutupi aurat yang terbuat dari kain. Sebagai seorang wanita muslim, kita diwajibkan untuk memakai jilbab, bukan hanya untuk ciri khas wanita muslim, tetapi memakai jilbab merupakan perintah Allah SWT.

Allah SWT berfirman:
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).

Memakai jilbab bukan hanya untuk mentaati peraturan di Madrasah, tetapi dari hati kita sendiri. Namun, seperti yang kita ketahui saat ini banyak siswi yang memakai jilbab hanya di sekolah. Sedangkan di luar sekolah nggak tahu deh gimana..!!! Mungkin ada juga yang tetap memakai jilbab dalam kehidupan sehari-harinya, tetapi ada juga yang melepasnya bahkan memakai pakaian minim. Namun, ada juga yang memakai jilbab hanya untuk bergaya. Sepantasnya kita memakai jilbab dalam kehidupan sehari-hari. Bukan untuk bergaya, bukan untuk dipuji, tetapi untuk mendapat ridha dari Allah SWT. Disamping itu banyak banget loh manfaat dari memakai jilbab itu?? Mau tahu… baca deh.. 
1. Yang pasti kita mendapat pahala dari Allah SWT
2. Kita terlihat lebih sopan dan terhormat
3. Dapat terhindar dari tangan-tangan jahil (pelecehan seksual)
4. Terlihat lebih cantik
5. Pembeda antara wanita muslim dan non muslim dsb...

Udah tahu kan manfaat jilbab, jadi tunggu apalagi. Ayo… mulai dari sekarang kita  memakai jilbab. Kalau bukan dari sekarang, kapan lagi... kalau kita menundu-nunda terus, siapa tahu hari ini atau besok kita dipanggil oleh sang Pencipta. Jadinya, kita nggak ada kesempatan dong... Tapi, kita juga harus memperhatikan cara berpakaian kita. Sekarang ini banyak sekali wanita berjilbab tetapi pakaiaannya ketat yang menunjukkan lekuk-lekuk tubuhnya. Pake’ legging lah, kaos ketat, banyak deh… apakah itu boleh? Kalau menurut kami sih itu nggak boleh. Kalau kita memilih untuk memakai jilbab kita nggak boleh setengah hati. Maksudnya, kalau memakai jilbab pakaian kita juga harus sesuai. Tidak ketat, tidak pendek. Pokoknya auratnya tertutup deh… Wanita yang mengaku dirinya seorang muslimah, harus berpakaian “muslimah”. Dengan memakai jilbab dan pakaian yang menutup auratnya. Kita sebagai wanita yang telah baligh hendaklah selalu menutup aurat. Seperti hadits di bawah ini, yang artinya:

“Hai Asma’. Sesunggunhnya seorang perempuan bila  telah mencapai usia haid (balig) maka tidak pantas anggota badannya kelihatan kecuali ini dan ini, dan Nabi memberi isyarah kepada wajahnya dan kedua telapak tangannya.” (HR.ABU DAUD dari AISYAH).

Dari Hadist tersebut terlihat jelas bahwa Allah SWT memerintahkan kita sebagai wanita muslim untuk menutup aurat dari ujung kepala sampai ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan.
Kita patut bersyukur karena telah memilih Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo sebagai tempat mencari ilmu. Kita dibiasakan dan diajarkan untuk memakai jilbab dan munutup aurat. Dan semoga kita memakai jilbab bukan hanya di sekolah, tetapi juga di kehidupan sehari-hari. Dan tentunya menjadi contoh bagi wanita-wanita yang belum memakai jilbab. Amiiin… 

Sekian pembahasan kali ini. Apabila ada kesalahan dalam tulisan kami mohon maaf. Karena kami hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Karena sesungguhnya kesalahan hanya milik manusia dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Amiin . . .

Wassalam. 



Oleh 
X-3

0 comments:

Poskan Komentar

*.* Aliyah State school is a peace zone, we have no tolerance for : drugs, alcohol, smooking, verbal abuse, emotional abuse, physical abuse. *.* through discipline, responsibility, and assertiveness, we will always protect our school community.
Untuk mengirim artikel/ naskah silakan kirim di intra.mansda@gmail.com dan jangan lupa cantumkan identitas kelas di artikel yang dikirim!