Selasa, 27 Maret 2012

Remaja dan Cinta


      Hai kawan,, masa-masa remaja identik dengan budaya pacaran, bahkan banyak yang bilang pergaulan modern itu wajib dilakukan oleh remaja loh, kalau enggak bisa ketinggalan zaman. Penting gak sih ??? emang gimana pacaran itu ??? mau tau ? baca selengkapnya.

Sebelum membahas tentang pacaran, kita harus tahu apa akar dari pacaran itu. Anda tau ?? yups, jawabannya adalah C.I.N.T.A . Ingat ya, sekarang kita sedang membahas cinta kepada lawan jenis, bukan kepada Allah ataupun dengan orang tua. Nah.... inilah pertanyaan sepanjang masa, apa cinta itu ?

Ada yang bilang cinta itu adalah anugrah dari yang maha kuasa. Ada juga yang bilang cinta itu buta, kayak katanya si Armada.  Cinta itu bikin mabuk kepayang lah, huuuh, macam-macam deh !! Ada juga loh yang gak tau, ngakunya sih masih polos, nah itu dia sahabat kita, tepatnya si Aida, hahahahh lucu deh!

Devinisi cinta banyak banget kawan, setiap orang mempunyai pengertian yang berbeda-beda, tergantung dari kepribadian dan latar belakang masing-masing, dan juga tergantung bagaimana kita mengapresiasikan cinta itu. Nah loh ! ngerti gak maksudnya ?

Jika cinta yang kita rasakan tulus, maka cinta itu akan kita gunakan untuk inspirasi agar menjadi pribadi yang lebih baik, bukan malah menjerumuskan ke jenjang perzinaan. Bahaya tuh !
Allah berfirman,

      وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isro’ : 32)

Maka dari itu, kita harus bisa mengatur nafsu, agar kita gak sampai diperdaya oleh cinta, apa lagi sekarang itu zamannya NGE-GALAU . hahahaha

Banyak yang bilang, agar kita tidak sampai terjerumus ke jenjang perzinaan, pacaran ala islami aja. Emang ada ?

Dari survei yang kita lakukan di MAN Sidoarjo, sekitar 65% banyak yang bilang kalau pacaran ala islami itu TIDAK ADA, karena di dalam islam tidak dibenarkan adanya pacaran, Kecuali kalau sekedar melakukan nazhor (melihat calon istri sebelum dinikahi, dengan didampingi mahramnya).

Tapi sekitar 35% ada yang bilang kalau pacaran ala islami itu ada. Jangan salah, meskipun di sekolah islam yang banyak pelajaran tentang agama, tidak sepenuhnya siswa yang setuju kalau pacaran ala islam itu tidak ada. Bahkan mereka mendukung menerapkan pacaran ala islam. Emang pacaran ala islam itu gimana seh ? apa bedanya sama pacaran normal lainnya ?

Kata mereka pacaran ala islam itu nggak ada yang namanya body contact atau bersentuhan. Nggak ada yang namanya bersentuhan, tapi nyatanya beberapa siswa ada yang sampai peluk-pelukan di sekolah. Apa gak malu sama jilbabnya ?

Terus katanya jarang berdua-duaan atau yang biasa disebut dengan khalwat. Jarang berdua-duaan, JARANG ? berarti pernah dong ? apa bedanya sama pacaran yang normal lainnya ? Iya gak sih ? Please deh !
Rasulullah bersabda,


أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ إِلاَّ مَحْرَمٍ
Artinya : “Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya.” (HR. Ahmad)

Ingat ya kawan, apapun aktivitas kita yang berhubungan dengan khalwat itu dosa, apa lagi zina. Kalian tau gak ? Zina itu tidak hanya lewat sentuhan aja loh. Ada juga zina mata, telinga, mulut, hati, tangan, dan kaki.
Rasulullah  bersabda,

كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنَ الزِّنَى مُدْرِكٌ ذَلِكَ لاَ مَحَالَةَ فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاِسْتِمَاعُ وَاللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلاَمُ وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ وَيُكَذِّبُهُ
Artinya : “Setiap anak Adam telah ditakdirkan bagian untuk berzina dan ini suatu yang pasti terjadi, tidak bisa tidak. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara. Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh). Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.” (HR. Muslim)

Hmmm, banyak kan zina itu ? Mungkin slama ini kita tidak menyadari bahwa aktivitas kita banyak yang tercatat sebagai zina. Naudzubillah.

Nah, kalau kalian lagi jatuh cinta, itu wajar kok, karena di islam juga dibenarkan adanya rasa cinta kepada lawan jenis itu merupakan hal yang fitrah bagi manusia. Karena sebab cintalah, keberlangsungan hidup manusia bisa terjaga. Oleh sebab itu, Allah Ta’ala menjadikan wanita sebagai perhiasan dunia dan kenikmatan bagi penghuni surga.

Islam sebagai agama yang sempurna juga telah mengatur bagaimana menyalurkan fitrah cinta tersebut dalam syariatnya yang rahmatan lil ‘alamin. Namun, tinggal kita yang gimana cara menyalurkannya. Mau tau caranya ? Married dulu aja, pacarannya setelah nikah 
Rasulullah bersabda,

لَمْ نَرَ لِلْمُتَحَابَّيْنِ مِثْلَ النِّكَاحِ
Artinya : “Kami tidak pernah mengetahui solusi untuk dua orang yang saling mencintai semisal pernikahan.” (HR. Ibnu Majah)

Tetapi bila kita belum siap melangkah lebih lanjut dengan seseorang (nikah), cukup cintai dia dalam diam. Karena itu bukti cinta dan kesetiaanmu padanya. Ingatkah kita tentang kisah Fatimah dan Ali ? Keduanya saling memendam apa yang mereka rasakan, namun pada akhirnya mereka dipertemukan dalam ikatan yang suci nan indah.

Gimana kawan, setuju nggak ? Kalau iya, seenggaknya kita yang berada di sekolah islam ngasih contoh yang baik sama sekolah-sekolah lainnya. Jangan sampai sekolah kita islam, tapi muridnya Cuma islam KaTePe. Moga aja yang berfikiran pacaran ala islam itu ada, berubah pikiran ,, hehehe *kelihatan maksa yaa ?

Bersyukurlah kita yang sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo ini, yang banyak mendapat pelajaran tentang agama, terutama Akhlak. Karena jika akhlak kita baik, otomatis kehidupan kita akan selalu berada di jalan yang benar. Dan selalu mendapat ridho Allah SWT. Amiiin... 

Semoga dengan adanya penulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT.



Oleh 
X-3

0 comments:

Posting Komentar

*.* Aliyah State school is a peace zone, we have no tolerance for : drugs, alcohol, smooking, verbal abuse, emotional abuse, physical abuse. *.* through discipline, responsibility, and assertiveness, we will always protect our school community.
Untuk mengirim artikel/ naskah silakan kirim di intra.mansda@gmail.com dan jangan lupa cantumkan identitas kelas di artikel yang dikirim!