Sabtu, 18 Februari 2012

Sehat! Mengapa tidak?



Sebuah pertanyaan yang sering kali muncul dibenak kita yaitu, bagaimana hidup sehat itu? Berbagai jawaban tersedia mulai dari makan makanan 4 sehat 5 sempurna, istirahat cukup, olah raga secara teratur, dan lain sebagainya. Cara-cara tersebut percuma jika dari dalam diri anda sendiri masih terasa tertekan, tegang, khawatir, stres, dan lain-lain. Hal semacam itu sering dijumpai pada kehidupan pelajar. Salah satu contohnya adalah siswa-siswi MAN Sidoarjo yang tegang, khawatir, tertekan, atau bahkan stres sebelum menjalani ujian, khusnya siswa-siswi MAN Sidoarjo yang akan menjalani Ujian Nasional yang segera datang.
           
Percuma saja jika sudah mempersiapkan materi ujian beberapa bulan sebelumnya lalu pada akhirnya anda mengalami stres, bahan ujian yang anda persiapkan akan hilang sehingga sebuah kata muncul dibenak anda, blank. Beberapa cara yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan stres, yaitu :
1.       Berpikir positif. Pikirkanlah hal-hal positif seperti soal yang akan anda hadapi itu mudah, namun bukan berarti anda menyepelekan soal itu, karena dengan berpikir tentang hal-hal positif akan memberikan energi positif pada diri anda, memberikan sebuah motivasi, dan mengurangi rasa gugup anda.
2.      Sempatkan untuk berolah raga. Jika anda dalam keadaan stres maka pengalihan pikiran sangat dibutuhkan. Lupakan masalah yang ada dibenak anda dengan berolah raga, karena dengan berolah raga akan merubah emosi dan memerikan energi baru pada diri anda. Contohnya sebelum berangkat ke sekolah sempatkan untuk jogging atau jalan cepat.
3.      Buatlah rencana, lalu lakukan. Seringkali kita hanya membuat rencana atau angan-angan tanpa merealisasikannya, hal itu dapat membuat anda terbebani karena tidak mampu mewujudkannya. Maka, mulailah membuat suatu rencana dan jadikan sebuah cita-cita sehingga akan memotivasi anda untuk meraihnya dan menjadikan hidup anda lebih baik. Contohnya siswa-siswi MAN Sidoarjo kelas XII yang merencanakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, jadikan itu sebuah cita-cita dan lakukan sesuatu untuk mewujudkannya.
4.      Ingatlah hal-hal yang indah. Ketika anda tertekan atau stres, cobalah untuk mengingat kejadian-kejadian atau orang-orang yang membuat anda bahagia, karena dengan melakukan hal itu, anda dapat merasa terbebas dari tekanan dan dapat berpikir dengan jernih kemabali.
Itulah beberapa cara untuk mengurangi tekanan pada diri seseorang, khususnya para pelajar yang juga seringkali mengalami berbagai tekanan terhadap pelajaran. Cobalah untuk melakukannya, jangan hanya diangan. Stop dreaming start action!

Oleh:
X-3


0 comments:

Posting Komentar

*.* Aliyah State school is a peace zone, we have no tolerance for : drugs, alcohol, smooking, verbal abuse, emotional abuse, physical abuse. *.* through discipline, responsibility, and assertiveness, we will always protect our school community.
Untuk mengirim artikel/ naskah silakan kirim di intra.mansda@gmail.com dan jangan lupa cantumkan identitas kelas di artikel yang dikirim!