Rabu, 01 Februari 2012

Seminar SKAL 2K12






Sidoarjo-Setelah awal Januari (4/1/2012) melakukan SKAL (Studi Kenal Alam dan Lingkungan), sekarang (15/2/2012) sudah tiba waktunya mem-presentasikan hasil KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang dibuat di panggung Seminar SKAL 2012 bertempat di Auditorium MAN Sidoarjo. Pesertanya hanya semua kelas XI IPA dan IPS, namun yang diundang untuk hadir sangat banyak, mulai dari Kepala Madrasah, wali kelas, guru pembina, PK (Perwakilan Kelas), dan tentunya kelas XI yang mendukung temannya naik di panggung seminar. Ada 3 penguji materi yang siap menurunkan mental para penyaji. Seminar diadakan khusus agar kelas XI dapat men-share ilmu yang didapatkan untuk orang lain/ kelas lain, karena objek penelitian setiap kelas berbeda.

Acara dibuka pukul 09.00 WIB oleh ketua panitia (Bpk. Isa Ansori) yang diikuti oleh seluruh peserta dan audien. Pemilihan peserta yang naik ke panggung dengan cara acak/ shuffle. Namun, tahun ini yang sangat mencuri perhatian adalah XI IPA 1 yang menyajikan "Upaya Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Insektisida Dalam Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Cabai Rawit" dan XI IPA 2 karena mereka menuju objek SKAL yang baru pertama kali dikunjungi MAN "PLTU Paiton". Semua peserta yang naik ke panggung mulai awal sampai akhir presentasi dinilai oleh penguji dan meski ada satu kesalahan tidak akan bisa lolos untuk menjadi permasalahan yang dibahas penguji. Itu sangat menguras mental penyaji, tapi setiap peserta punya trik sendiri-sendiri untuk menanggulangi kesalahan. Saat itu ada yang langsung melakukan uji coba, menggunakan alat peraga, sampai eyel-eyel-an( bahasa jawa) dilakukan.

Sungguh sangat menakjubkan seminar tahun ini. Semoga tahun depan dapat terlaksana lagi dan menjadi semakin baik.


Oleh
XI IPA 1

0 comments:

Posting Komentar

*.* Aliyah State school is a peace zone, we have no tolerance for : drugs, alcohol, smooking, verbal abuse, emotional abuse, physical abuse. *.* through discipline, responsibility, and assertiveness, we will always protect our school community.
Untuk mengirim artikel/ naskah silakan kirim di intra.mansda@gmail.com dan jangan lupa cantumkan identitas kelas di artikel yang dikirim!